Rabu, 16 November 2011

Memilih Media Pembayaran untuk Bisnis Internet

Dalam melakukan transaksi bisnis di internet, ada beberapa media pembayaran yang perlu Anda gunakan bila Anda memang menjual produk online atau menjual jasa online. Saya akan bagi dalam pemilihan media pembayaran untuk bisnis internet Anda menjadi dua yaitu untuk market Indonesia dan untuk market ke luar negeri. Media pembayaran yang bisa digunakan untuk kedua market ini berbeda karena berhubungan dengan transaksi keuangan yang bisa dilakukan dan kebiasaan orang dalam melakukan pembayarannya.
=> Memilih Media Pembayaran untuk Bisnis Internet yang menyasar market di Indonesia
Media pembayaran yang utama yang harus Anda gunakan adalah transfer bank. Anda bisa bertransaksi menjual produk dan jasa Anda dengan menggunakan media pembayaran transfer bank (ATM), internet banking, mobile banking maupun pembeli setor tunai ke rekening bank Anda. Dan saran saya ada 2 rekening bank yang perlu dipersiapkan yaitu rekening bank BCA dan satu lagi rekening bank Mandiri.
Rekening Bank BCA
Bank BCA merupakan bank besar di Indonesia yang memiliki jaringan ATM paling banyak dan paling banyak digunakan oleh orang-orang. Jadi bila Anda menjual produk atau jasa Anda di Internet, maka Anda perlu memiliki rekening bank BCA sebagai alat penerima pembayaran transaksi Anda.
Rekening Bank Mandiri
Yang berikutnya adalah Bank Mandiri. Bank Mandiri merupakan bank BUMN yang memiliki aset yang besar dan sekarang selalu tumbuh untuk bersaing dengan bank BCA dalam hal banyaknya kantor cabang juga ATM. Anda perlu memiliki rekening bank Mandiri dikarenakan Bank Mandiri ini tergabung dalam jaringan ATM Bersama.
Dalam pembayaran dari calon pembeli, ada saja beberapa yang mungkin tersebar di daerah atau kota-kota di Indonesia, yang mungkin tidak memiliki rekening bank BCA, tapi memiliki rekening di bank lain seperti Bank BNI, Bank Permata dan lain-lainnya. Dan untuk pembeli yang tidak memiliki rekening bank BCA ini, ia bisa melakukan transfer pembayaran ke rekening bank Mandiri karena termasuk jaringan ATM bersama, sedangkan BCA tidak termasuk jaringan ATM bersama ini.
Dengan memiliki kedua rekening ini BCA dan Mandiri, maka transaksi pembayaran Anda bisa berjalan. Dan sebaiknya Anda memiliki 2 rekening ini karena jangan sampai kesulitan dalam pembayaran untuk membeli produk Anda menjadi penghambat dan akhirnya membuat transaksi tidak jadi, mungkin dikarenakan sulit transfer karena tidak ketemu atau jauh letak ATM BCA atau pembeli tidak punya rekening bank BCA, tapi ia punya rekening bank lain dan ia tidak bisa transfer dari ATM Bank lain tersebut ke rekening bank BCA dan jadi batal karena tidak bisa transfer dan keinginan membelinya sudah hilang.
Alternatif tambahan lain adalah PayPal
Paypal merupakan media pembayaran online dari luar negeri. Dan untuk market di Indonesia, Anda bisa menambahkan paypal sebagai media untuk menerima pembayaran online tambahan. Dikarenakan bila orang sudah punya account paypal dan ada dananya di Paypal ia bisa menggunakan paypal untuk membayar ke account Paypal Anda. >> Anda bisa buka account Paypal di link berikut dan panduannya di buku ini, Anda beli di toko buku atau menghubungi ke publishernya.
Intinya dari memilih media pembayaran adalah memudahkan pembeli untuk membayar Anda, bisa dengan transfer bank, internet banking, mobile banking, setor tunai ke rekening bank Anda atau menggunakan account paypal bila mau transfer sesama account paypal.
=> Memilih Media Pembayaran untuk Bisnis Internet yang menyasar market ke Luar Negeri
Dan bagi bisnis internet yang menyasar untuk menjual produk atau jasa online ke luar negeri, ada beberapa media pembayaran yang bisa Anda gunakan agar pembeli dari luar negeri bisa membeli produk dan membayar Anda.
Paypal
Media pertama adalah Anda menggunakan PayPal. Paypal dimiliki oleh ebay, situs lelang nomor satu di dunia. Setiap orang yang bertransaksi di ebay diarahkan untuk menggunakan paypal oleh ebay. Dan paypal pun sudah menjadi alat transaksi online yang banyak digunakan.
Prinsipnya paypal adalah Anda membuka account Paypal dengan memasukkan data kartu kredit Anda agar account Paypal Anda menjadi terverifikasi dan bisa mencairkan uangnya ke rekening bank di Indonesia.  Setiap transaksi yang terjadi adalah transaksi antar account PayPal seperti transfer saja. Dan paypal ini menggunakan alamat email yang didaftarkan sebagai nama account paypal Anda. Jadi setiap transaksi orang cukup mengetahui nama account paypal Anda yaitu alamat email dan ia bisa mengirimkan uang ke account paypal Anda.
Contoh Anda penjual produk A, menggunakan paypal sebagai media pembayaran di website Anda. Jadi setiap orang yang mau beli, ia bisa klik tombol order paypal di website Anda dan ia bisa transfer dari account paypal miliknya ke account paypal Anda. Dan bila sesudah uang Anda terima, maka produk bisa dikirimkan.
Setiap uang yang diterima akan masuk ke account PayPal Anda. Dan bila Anda mau carikan, bisa ke rekening bank yang Anda daftarkan untuk account PayPal Anda dalam 5 hari kerja. Jadi media pembayaran online dengan paypal ini sangat simpel dan praktis.
>> Anda bisa buka account Paypal di link berikut dan panduannya di buku ini, Anda beli di toko buku atau menghubungi ke publishernya.
Merchant Pemproses Kartu Kredit
Media pembayaran kedua adalah dengan kartu kredit. Bila Anda menjual produk online ke luar negeri, dan ingin agar website Anda bisa memproses transaksi kartu kredit maka Anda perlu menggunakan merchant pihak ketiga yang khusus memproses transaksi dari kartu kredit ini.
Merchant yang bisa Anda gunakan adalah
- Untuk menjual produk fisik dengan 2CO
- Untuk menjual produk digital dengan clickbank
Jadi Anda bisa menggunakan merchant tersebut untuk sebagai media untuk penerima pembayaran transaksi dari kartu kredit. Kartu kredit adalah alat pembayaran yang paling bisa digunakan dimana saja. Bila Anda punya kartu kredit dari indonesia maka Anda bisa mengunakannya untuk membeli produk dari luar negeri. Dan merchant yang bisa memproses transaksi kartu kredit ini bukan sembarang website, tapi website yang khusus untuk itu. Salah satunya adalah 2CO untuk produk fisik dan clickbank untuk produk digital.
Produk fisik adalah produk yang memiliki bentuk fisik dan perlu dikirimkan ke alamat pembeli. Sedangkan produk digital adalah produk dalam bentuk file komputer yang proses pengirimannya melalui media internet langsung yaitu dengan download online. Contoh produk digital adalah ebook, video, audio, image, photo, software,wallpaper dan seterusnya.
Anda berminat menjalankan bisnis di internet yang menjual produk atau jasa? Ayo take action segera!



http://www.pemasarinternet.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar